Kumpulan Istilah Unik Bahasa Indonesia



Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia. Dari ujung sabang sampai merauke wajib menjunjung tinggi bahasa Indonesia karena selain sebagai bahasa resmi negara, bahasa Indonesia juga sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia.


Namun selain bahasa resmi tersebut, terkadang timbul istilah-istilah yang lazim digunakan oleh masyarakat yang terkadang mengandung berbagai makna ambigu, diantaranya :

1. Lampu Merah = Merujuk pada lampu lalu lintas. Padahal jika kita perhatikan lampu lalu lintas memiliki 3 jenis warna : merah, kuning dan hijau. Namun yang sering diidentikkan dengan lampu lalu lintas hanyalah warna merah saja.

2. Telepon Genggam = Merujuk pada Handphone. Padahal jika kita terjemahkan bahasa Inggris handphone adalah telepon tangan kenapa jadi telepon genggam. Memangnya jika telepon ditangan pasti kita genggam, kan belum tentu juga toh. hehe

3. Ruang Bersalin = Merujuk pada ruangan untuk melahirkan. Saya juga agak bingung disini, kenapa orang yang melahirkan ruangannya disebut bersalin. Apanya yang disalin? Kalau melahirkan mestinya kan disebut sebagai ruang melahirkan.

4. Mati Lampu = Merujuk pada putusnya aliran listrik. Padahal jika kita kaji lebih jauh, hal yang dimaksud adalah putusnya aliran listrik dari sumber PLN sehingga mengakibatkan semua peralatan yang menggunakan sumber listrik tidak bisa menyala namun yang menjadi perwakilan hanya lah lampu saja, hehehe.

Itulah sedikit istilah-istilah yang lazim kita temui sehari-hari. Sebenarnya ada banyak yang kadang luput kita sadari. Nanti pada pembahasan berikutnya akan saya tambahkan.
Sebelumnya Selanjutnya
Muat Lebih Banyak
Berita telah terbaru, silakan refresh lagi nanti