Apa itu Wirausaha? Pengertian dan Penjelasannya



Kehidupan monoton terkadang membuat jenuh. Bagi orang yang telah memiliki pekerjaan saja terkadang merasa semu dengan kesehariannya. Pergi pagi pulang malam tanpa pernah menikmati hidup dengan menentukan sendiri jam kerjanya. Apalagi yang tidak memiliki kegiatan yang produktif. Terkadang seseorang yang tidak memiliki kegiatan produktif cenderung lari ke hal-hal yang bersifat negatif.
Kondisi tersebut boleh dibilang membatasi kelebihan yang kita punyai. Sebab itu saatnya anda untuk menjadi manusia mandiri yang mampu berdikari alias berdiri diatas kaki sendiri.
Manusia mandiri tercermin dari seorang wirausahawan,  Seseorang yang mampu menikmati hidup dan menghidupi orang lain dengan usaha sendiri. Lalu apa arti dari wirausahawan itu?Pengertian bebas dari wirausahawan atau yang kerennya disebut entrepreneur adalah orang yang menggeluti wirausaha dengan kemampuan atau bakat mengenali peluang usaha atau produk, menentukan arah usahanya serta menguasai cara produksi, pemasaran dan manajemen modalnya.
Menjadi seorang wirausahawan berarti anda telah membuka cakrawala baru dalam hidup dan berani mengambil tindakan. Sebuah mitos menyebutkan kalau wirausahawan itu dilahirkan bukan diciptakan. Hal ini jelas keliru sebab menjadi seorang wirausahawan adalah sebuah pilihan. Wirausaha mengajak anda menjadi seorang profesional, membuat anda mendapatkan pengakuan atas usaha anda sendiri. Saatnya untuk menggali diri dengan mengenali jiwa pengusaha dalam diri anda.
Bekerja sebagai seorang wirausahawan memang penuh resiko. Tetapi resiko yang wirausahawan ambil bukanlah resiko yang ekstrim layaknya menjadi seorang penjudi. Resiko yang berani seorang wirausahawan ambil adalah resiko yang telah diperhitungkan melalui perencanaan dan persiapan.
Berwirausaha tidak harus selalu menemukan peluang bisnis baru. Anda juga bisa mengembangkan usaha yang sudah ada. Nikmatnya menjadi seorang wirausahawan adalah mewujudkan visi menjadi kenyataan dengan bekerja keras. Selain itu menjadi seorang wirausahawan juga membantu anda melatih diri dan mengembangkan karakter anda.  Ada saja hal-hal yang baru dan menarik yang bisa anda temukan dalam kehidupan berwirausaha. Jatuh bangun sudah biasa, terus maju luar biasa.
Merasa apa yang kami sebutkan ada dalam diri anda? Bergabunglah menjadi seorang wirausahawan!
Sebelumnya Selanjutnya
Muat Lebih Banyak
Berita telah terbaru, silakan refresh lagi nanti